5 Fakta Kali Item Yang Tidak Kamu Duga Kata Warga Sekitar

shares

Siapa yang pernah pacaran disini????

Jakarta,- Kali Sentiong alias Kali Item saat ini sedang menjadi perhatian media dunia. Bagaimana tidak, kali yang hari ini ditutupi oleh jaring hitam sepanjang 600 meter dan berada tepat di belakang Wisma Atlet, tempat semua peserta Asian Games 2018 menginap. 
Harus diakui bila aroma tak sedap dan warna hitam pekatnya sangat mengganggu bagi mereka yang melintasi kawasan tersebut. 
Reporter mengunjungi dan menanyakan pendapat dari warga sekitar untuk mencari tahu bagaimana mereka menyikapi Kali Item ini. mari kita simak ulasannya. 

1. Meski tercium bau tak sedap, warga sekitar tidak merasa terganggu



Aris Riswadi, warga kelahiran Kemayoran yang bekerja sebagai wiraswasta, mengakui bahwa warga sekitar tidak terlalu terganggu dengan aroma menusuk hidung yang tercium setiap harinya. 
"Dari dulu memang sudah begitu ya, gak ada perubahan. Makanya kalau ada yang ribut gara-gara kali malah aneh. Karena kami yang lahir dan besar di sana juga gak merasa terganggu kok. Memang sih bau, tapi tidak mengganggu kami. Saya yakin itu 100 persen deh haha," kata Aris kepada Reporter, Sabtu (28/7). 

2. Dulunya pernah dipakai 'ngobak'



Buat sebagian orang, Pasti merasa jijik kalau harus menyeburkan diri ke Kali Item. Lain hal untuk Aris, dia mengaku sering 'ngobak' atau berenang di Kali Item saat hujan deras mengguyur daerah tersebut. 
"Kalau hujan itu kan airnya tinggi, nah kita sering tuh ngobak di sana. Dulu di situ ada jembatan kayu, nah itu sering buat lompat-lompatan kalau lagi deres airnya," tambahnya. 

3. Dulu kali ini rawan banjir



Bisa kah kamu membayangkan bila air Kali Item dengan warna hitamnya dan bau tak sedap memasuki rumah? Nah, Aris memberi tahu bila daerah Kali Item dulu pernah menjadi daerah rawan banjir.
"Dari zaman Foke (Fauzi Bowo) sudah mulai dibenahi kali ini. Dulu dia membangun tanggul di bagian kanan dan kiri. Terus dilebarin dan dikeruk. Jadi gak (rawan) banjir lagi," terang dia. 

4. Warga setempat belum pernah membersihkan kali



Sebagaimana dikatakan, lantaran warga tidak merasa terganggu dengan aroma tak sedapnya, akhirnya warga belum pernah membuat kerja bakti untuk membersihkan kali ini. 
"Belum ada ya, selama ini cuma dari Pemda aja yang ngebersihin. Bahkan masih ada satu dua warga yang membuang sampah di Kali Item. Makanya bagus jugalah dikasih jaring-jaring," tandasnya.

5. Menjadi tempat pacaran pemuda-pemudi


Menurut Joni (51), pemuda-pemudi di sana biasanya menghabiskan waktu untuk berpacaran di pinggiran Kali Item. Menurutnya, meskipun Kali Item Mengeluarkan bau tak sedap, Muda-mudi sekitar masih tetap ingin menghabiskan malam minggu di sana. 
“Dipakai orang pacaran nih. Apalagi kalau malam Sabtu dan Minggu, penuh dari ujung kadang. Nah karena di sebelah sana (dekat wisma atlet) dipagar pada pindah kemari. Orang jual kopi, makanan, sampah dibuang ke kali,” Kata Joni.





sumber : IDN Times




Related Posts

0 comments:

Post a Comment